7 Langkah Menentukan Merek Untuk Pebisnis Pemula

 

Sebuah merek yang baik akan memudahkan Anda untuk mempromosikan produk Anda. Merek yang baik mempunyai filosofi yang kuat dan bisa menjadi sebuah citra bagi bisnis. Merek lebih besar dari sekedar nama dan slogan.

Bagaimanakah langkah – langkah membuat merek yang bagus?

1. Tentukanlah USP (Unique Selling Proporsition) Bagi Merek Anda.

7 Langkah Menentukan Merek Untuk Pebisnis Pemula
Buat pembeda

Merek Anda harus mempunyai diferensiasi yang kuat yang bisa membedakan produk Anda dengan pesaing.2. Merek Haruslah Berkonotasi Positif dan Memberikan Citra Positif.

Merek yang Anda bangun, secara tidak langsung akan menggambarkan kinerja dan citra perusahaan Anda. Merek yang negatif secara tidak langsung akan membuat citra yang tidak baik pula untuk perusahaan Anda.

3. Pikirkan Visi Jangka Panjang dan Arah Pengembangan Merek.

Sebuah merek harus punya visi jangka panjang yang dibangun secara bertahap. Akan sangat disayangkan jika merek yang bagus tidak punya visi yang jelas.

4. Lakukan Perencanaan yang Matang Ketika Akan Melaunching Merek.

7 Langkah Menentukan Merek Untuk Pebisnis Pemula
Launching Motor

Filosofi merek dan desain haruslah senada dan seirama. Konsep yang dibangun haruslah kuat sehingga membuat orang lain bisa mencerna apa yang Anda sampaikan. Dalam melaunching merek anda bisa menggunakan kedua hal ini :

a. Online : Fanpages pada Facebook, Twitter, Youtube, Website, Broadcast Messages, dll .

b. Offline : Beriklan di majalah, koran, membuat brosur, spanduk, dll .

5. Brand as Lifestyle .

Merek yang baik dapat menjangkau seluruh gaya hidup dan lapisan masyarakat.

Contoh :

Starbucks : Kedai kopi yang sudah beralih fungsi sebagai tempat nongkrong dan meeting .

6. Cobalah Buka Majalah atau Koran.

Carilah iklan-iklan yang membuat Anda senang, cari juga iklan yang membuat Anda jengkel, juga iklan yang memancing rasa ingin tahu anda. Amati merek-merek yang bisa menimbulkan rasa emosional yang tinggi. Amati polanya dan aplikasikan di merek Anda. Jika produk Anda jasa, jadikan merek Anda sebagai solusi bagi permasalahan yang ada pada pelanggan Anda.

7. Jangan Ingkari Janji Anda.

Merek adalah sebuah janji bagi calon konsumen Anda. Jika Anda menjanjikan kualitas yang baik, maka Anda harus bisa memenuhinya. Jika Anda mengklaim memiliki layanan yang cepat, Anda harus bisa membuktikannya.

Membangun merek membutuhkan waktu yang tidak instan, mereka harus dibangun secara konsisten tahap demi tahap. Suatu merek harus dikomunikasikan secara konsisten. Citra merek harus dijaga agar tetap kredibel dan dapat dipercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *